Latest Updates

5 Tips Berkomentar di Media Online

By Fikri Islamoriza - April 18, 2013 No Comments

Tips Berkomentar di Media Online – Di era informasi seperti saat ini kebebasan mengeluarkan pendapat, unek unek dan bahkan perasaan pribadi menjadi sangat bebas, sebebas bebasnya melalui berbagai media online. Banyak bahkan hampir semua media online memberikan ruang bagi para pembacanya untuk mengeluarkan pendapat melalui kolom komentar sebagai tempat untuk berinteraksi dengan pembacanya.
Dengan tersedianya kolom komentar disuatu media online, bukan berarti kita bebas berkomentar tanpa mempedulikan apa yang kita komentari, seharusnya kita juga bisa menjaga dan bertanggung jawab atas apa yang kita komentari di media tersebut dan sudah semestinya jika komentar kita tersebut juga sesuai dengan apa yang sedang dibahas di media tersebut.
Saya melihat begitu banyak orang berkomentar di media online dengan kata kata yang seharusnya tidak diumbar dimedia apalagi dimedia online yang begitu mudahnya diakses oleh berbagai kalangan, komentar di suatu media bisa saja menunjukkan siapa diri kita sesungguhnya, apakah kita tipe orang yang suka menghujat, suka memanas manasi, memaki, tipe orang yang bijak, tipe orang yang suka melihat masalah dari satu sisi atau berbagai sisi, komentar yang kita berikan sejatinya memberikan pencitraan bagi diri kita sendiri di jagat dunia maya.
Berikut adalah tips memberikan komentar melalui media online
Cek Komentar Anda
Sebelum memberikan komentar ada baiknya kita cek kembali berbagai informasi yang ada, jangan sampai salah berkomentar atau kita akan terlihat bodoh bagi pembaca yang lain karena memberikan komentar yang salah.
Bernada Positif
Dengan memberikan komentar yang baik, benar dan bernada positif paling tidak kita akan memberikan feed back energi yang positif bagi diri kita sendiri karena komentar yang kita berikan akan dibaca oleh banyak orang tanpa batas waktu, jangan sampai komentar yang kita berikan melalui media online menjadi bumerang yang menyerang balik diri kita sendiri.
Tidak menyakiti pihak lain
Seharusnya komentar yang kita berikan bernada positif, bersifat membangun dan memberikan kontribusi yang berarti bagi sesuatu yang sedang dibahas dimedia tersebut kalau toh kita tidak bisa memberikan sesuatu yang positif paling tidak berkomentarlah yang tidak menyakiti pihak lain.
Personal
Sebaiknya hindari komentar yang terlalu personal, apabila ada sesuatu yang salah dengan rekan kerja misalnya, sebaiknya tidak usah membuat komentar atau status di jejaring sosial, hal hal seperti itu sebaiknya disimpan untuk diri sendiri dan jadikan pembelajaran buat diri sendiri.
Bermanfaat 
Memberikan komentar di media online hendaknya bisa memberikan manfaat bagi pihak lain. Apabila tidak bisa memberikan manfaat bagi pihak lain, paling tidak, buatlah orang lain merasa senang membaca komentar komentar yang Anda berikan.
Media online dengan berbagai bentuknya seperti website, blog atau jejaring sosial memang memberikan banyak informasi bagi kita, dari berbagai informasi tersebut memang ada informasi yang kadang tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan, akan tetapi jangan jadikan itu sebagai alasan untuk mencaci maki, menghujat atau menyalahkan pihak lain melalui kolom komentar yang tersedia, apapun yang tersaji di media online tersebut tetaplah berkomentar dengan santun dan bijak.

Tags:

No Comment to " 5 Tips Berkomentar di Media Online "