Latest Updates

Sir Alex Bukan Manajer Terlama di Eropa

By Fikri Islamoriza - May 9, 2013 No Comments

Topik Basi - Pengabdian Sir Alex Ferguson untuk Man. United cukup lama sampai lebih dari seperempat abad. 26 tahun memegang kendali The Red Devils, membuat banyak orang kaget ketika dia tiba-tiba mengumumkan pensiun.
Namun, durasi kebersamaan Sir Alex dengan Man. United itu bukan menjadi manajer yang terlama di sebuah klub di Eropa. Sebab, rekor manajer terlama di Eropa dimiliki oleh pria Prancis, Guy Roux.
Roux menduduki kursi panas sebagai manajer klub Ligue 1, Auxerre, selama 44 tahun. Pria yang kini berusia 74 tahun itu mengundurkan diri pada 2005 dari Auxerre sejak melatih 1961.
Sedangkan dari negara Sir Alex, Skotlandia, ada nama Willie Maley. Pria yang sudah meninggal sejak 1958 itu, tercatat menjadi pelatih Celtic sepanjang 1897 sampai 1940. Artinya, eks pemain Man. City edisi 1896 itu berkarier di Celtic selama 43 tahun.
Mungkin dari dua ’pesaing’ Sir Alex itu, prestasi sang manajer Man. United ini yang paling mengkilap. Selama memegang The Red Devils, Sir Alex mempersembahkan 30 trofi baik dari domestik maupun internasional.
Sedangkan Roux hanya sembilan gelar untuk Auxerre dan delapan dari domestik. Untuk Maley, bersama Celtic dia memberikan 45 trofi. Hanya, Maley saat membawa klubnya juara pada periode sebelum 1940, artinya sepak bola belum semaju sekarang.

Tags:

No Comment to " Sir Alex Bukan Manajer Terlama di Eropa "